Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Desa Ompi, Kecamatan Bulu Taba Kabupaten Pasangkayu

Profil Desa


Desa Ompi dalam potret sejarah berakar dari nama sifat dalam suku kata bahasa Kaeli. Suku tertua yang mendiami kabupaten Mamuju Utara diantara beberapa suku bangsa yang ada seperti, suku bangsa Mandar, Bugis, Makassar, Toraja,Bali, Jawa dan lain-lain. Dalam versi bahasa Kaeli  secara etimologi “Ompi” berarti: Bersaudara atau satu keluarga. Sedangkan secara termenologi “Ompi” berarti: Siapapun dan apapun yang berada dalam wilayah Ompi hakekatnya bersaudara dan satu naungan keluarga yang tidak boleh saling mencederai antara satu dengan yang lain.

Cikal bakal penamaan desa Ompi merupakan hasil renungan dan refleksi sosial saudara. Syahril Pakunava salah satu tokoh Budayawan Muda Kaeli yang terinspirasi  realitas Hetrogenitas. Syahril  Pakunava dalam konteks  sosial mencoba merajut kosa kata  bahasa Kaeli secara selektif dalam tafsiran bahasa yang cukup fleksibel dan Universal. Terlepas dari segala kekuranganmu Syahril Pakunava, Kab. Mamuju Utara dan Ompi khususnya patut berterima kasih pada jejak sejarah yang engkau toreh.  

      Desa Ompi pada awalnya adalah bagian dari desa Baras kecamatam Baras. Ompi secara geografis sangat beralasan menjadi suatu desa dengan memiliki luas wilayah dan potensi alam yang berlimpah ruah baik dari sektor perkebunan dan pertambangan. Sekalipun mungkin secara demografis belum memenuhi syarat  berdasarkan tata kelola pemerintahan yang hanya terdiri dari 2 Dusun yaitu Dusun Pangana dan Dusun Tata.   

           Namun pemerintah kabupaten Mamuju Utara  memiliki perspektif tersendiri dalam mengeluartkan kebijakan yaitu efesiensi dan efektifitas roda pemerintahan mengingat wilayah desa Baras kecamatan Baras merupakan salah satu Desa dan kecamatan yang memiliki wilayah administrasi pemerintahan yang paling terluas di kabupaten Mamuju Utara pada Waktu itu. Sehingga pada tingkat pelayanan publik desa dan kecamatan Baras tidak berbanding lurus cakupan wilayah dengan pelayanan publik oleh pemerintah setempat.

           Pada tahun 2000 sebelum definitif  Ompi menjadi desa telah ditunjuk PJS sementara yaitu Bapak DG. Masese merangkap sebagai kepala dusun Tata. Beliau ini merupakan tokoh sentral bersama dengan beberapa tokoh masyarakat Ompi mendeklarasikan pemekaran desa dari desa induk Baras melalui proses perjuangan yang tak kenal lela baik jalur negosiasi kultur maupun struktural. Namun pada tingkat negosiasi/diplomasi kultur,  beliau dan tokoh lainnya gagal mengajak warga dusun How (dominan masyarakat dari Mambi) untuk ikut bergabung dalam perjuangan ini.  Dg. Masese dan tokoh lainnya mengajak saudara-saudara  masyarakat dusun How dalam perjuangan ini karena  dusun HOW berdasarkan peta wilayah yang dikeluarkan BPS dan disepakati pemerintah kabupaten Mamuju Utara masih dalam ruang lingkup wilayah Ompi. Namun sampai definitif Ompi menjadi sebuah desa yang disyahkan oleh ketua DPRD Mamuju Utara Bapak Yaumil RM dan SK Bupati Hm Ir. Abdullah Rasyid, MM masyarakat HOW tetap berpendirian bergabung ke Desa Bukit Harapan sampai hari ini.

           Desa Ompi resmi dimekarkan menjadi satu desa dari desa induk Baras seiring dimekarkannya kecamatan Bulu Taba dari kecamatan Induk Baras melaui SK Bupati Bapak Ir. H. Abdullah Rasyid, MM. Dengan terpilihnya DG. Masese sebagai Kepala Desa Ompi Defenitif. Adapun desa Ompi pada awal pemekaran terdiri dari dusun yaitu: D Dusun Tata dan Pangana dan di tahun 2009 juga di tambah satu dusun lagi yaitu: Dusun Benteng yang wilayahnya Hulu Tata dan Ponju dengan pertimbangan bahwa  wilayah Ompi secara geografis sangat luas dan sulit dijangkau. Sedangkan secara Demografis, agar tata kelola pemerintahan Desa berjalan efesien dan efektif.

           Dalam proses transisi pemerintahan Desa Ompi disaat Magkatnya Almarhum Dg. Masese (Kepala Desa Ompi) , Bersama BPD Ompi membentuk Kepanitian lima untuk menjaring Bakal Calon Kepala Desa Ompi ,Dalam Pemilihan Hasil penjaringan Terpilih Bapak MUH. TAHIR sebagai kepala Desa Ompi periode 2013 -2019 dari tiga bakal calon Kepala Desa Ompi adalah mantan Kepala Dusun Tata dipriode kepemimpinan Alm. Dg. Masese. Sehingga terjadi perombakan sruktur organisasi Pemerintahan Desa Ompi Kec. Bulu Taba Kab. Mamuju Utara.